Tips Memilih Sekolah bagi Putra- Putri Kita


IlustrasiSetiap menjelang tahun ajaran baru, hampir semua orang tua bingung mencari sekolah yang tepat untuk putra putrinya.Setiap orangtua tentu ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk buah hatinya.Berikut beberapa  tips memilih sekolah baik.

1. Lingkungan Sekolah

Kenapa lingkungan perlu diperhatikan ketika kita memilih sekolah ?

Karena lingkungan juga bisa mempengaruhi kelancaran pendidikan.Lingkungan yang bising bisa mengganggu proses belajar mengajar.Demikian pula dengan lingkungan yang perilaku penghuninya tidak Islami ,bisa memberi pengaruh tidak baik kepada anak didik. Yang perlu juga diperhatikan dalam hal ini adalah kebersihan dan ketertiban lingkungan sekolah.

2.OUTPUT

Menilai sekolah ideal atau tidak, bisa juga dengan cara melihat kualitas alumninya, sebab mereka adalah produk dari lembaga tersebut.Meski tidak ada jaminan sekolah yang baik alumninya secara keseluruhan pasti baik.Namun jika secara kuantitas alumninya rata-rata baik, sekolah tersebut layak diperhitungkan.Sebaliknya, jika siswa yang masuk berkualitas , namun kelulusannya biasa-biasa saja, brarti sekolah tersebut tidak baik.

3. PROFIL GURU

Profil pendidik perlu juga diketahui ntuk melihat kompetensi mereka.Ini tidak bisa hanya terpaku kepada gelar akademis saja ,karena tidak sedikit mereka yang tidak menyukai bidang yang digeluti.Termasuk dalam kompetensi ini adalah perilaku pendidik .Karena yang perlu diambil oleh siswa dari guru bukan hanya ilmunya namun juga akhlaqnya.

4. KURIKULUM

Yang harus dipetimbangkan dalam memilih sekolah adalah kurikulum pembelajaran .Disini kita bisa mengetahui prosentase pendidikan ke-Islaman dan materi apa yang menjadi prioritas sekolah.Termasuk dalam lingkup ini metode pendidikan serta misi dan visi lembaga pendidikan.

5.FASILITAS

Selain beberapa hal di atas yang perlu juga dipertimbangkan dalam memilih sekolah adalah fasilitas yang disediakan.Tentunya yang dimaksud disini adalah fasilitas yang mendukung program  pendidikan, karena ada pula sekolah-sekolah yang menyediakan banyak fasilitas walau sebenarnya fasilitastersebut tidak selalu mendukung  proses tersebut.

6. BIAYA

Faktor biaya juga perlu diperhitungkan terutama bagi orangtua yang penghasilannya pas-pasan.Hendaknya walimurid memilih sekolah yang pembiayaannya terjangkau oleh kemampuan ekonominya.Yang masuk dalam hal ini adalah biaya transportasi, uangsaku,perlengkapan sekolah dan lain-lain.

Sumber :Suara Hidayatullah Edisi Khusus bulan Januari 2011

Tentang wareng

desaku
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s