Wareng Panen Padi


Gb.Seorang simbok sedang Ani-ani memotong padi di alas NGGondang

Wareng saat ini sedang musim babat padi,hampir setiap hari bapak-bapak dan simbok maupun simbah hilir mudik membawa pikulan,tali dan arit serta perlengkapan makan.Jalan-jalan tegalan baik di alas Karang,NGGondang maupun lor Polaman sangat ramai selain oleh para petani juga mobul-mobil open cup untuk mengangkut babatan padi dibaa pulang ke rumah. Tidak terkecuali perempatan perempatan Karang.NGGondang dan seagainya penuh dengan sepeda motor.

Sambatan atau gotong royongsetiap hari bergiliran dari satu rumah ke rumah lainnya.Bila kesulitan tenaga babat banyak juga petani yang mengambil tenaga dari luar daerah  terutama dari daerah -daerah selatan .Bekerja dari pagi sampai malam sebab malam harinya langsung merontokkan padi agar menjadi gabah untuk dijemur siang harinya.Meme Damen di siang hari juga tak kalah sibuknya.Sebetulnya ada sistim fermentasi damen tetapi karena belum banyak disosialisai maka banyak petani yang belum melaksanakan cara pengawetan damen ini.

Ada juga petani yang masih menuai padi dengan ani-ani khususnya untuk padi yang bukan bibit unggul, dan batang padinya besar.Biasanya dilakukkan oleh sombok-simbok tua.

Demikian sedikit berita daeri Wareng, semoga dengan hasil padi ini bisa menambah kesejahtraan masyarakat Wareng dan menambah rasa syukur sehingga lebih taat pada Allah SWT. Amien.

Hikmah:

“Umatku akan tampil pada hari kiamat dengan wajah bersinar, tangan serta kakinya berkilauan dari bekas-bekas wudhu.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim

Tentang wareng

desaku
Pos ini dipublikasikan di pertanian. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s