Peternakan ayam potong di Wareng menjadi lahan baru menjemput rezeki dari Allah SWT


 

Gb. Salah Satu kandang ayam di alas kidul

Peternakan ayam potong banyak berkembang di desa Wareng khusunya di perbatatasan dengan tegalan antara lain di alas kidul, mbendo , tanah-tanah kosong yang ada di masyarakat .Lokasi –lokasi tersebut banyak ditemukan bangunan-bangunan untuk peternakan ayam potong baik yang dikelola anggota masyarakat maupun yang disewakan kepada pemilik modal.

Dengan berkembangnya peternakan ayam potong ini maka keuntungannya adalah dapat mengurangi pengangguran, menambah lapangan kerja,menggerakkan roda perekonomian serta memanfaatkan lahan yang tidak produktif.

Hambatan yang selama ini timbul adalah harga makanan ayam tersebut banyak dipermainkan oleh perusahaan makanan ternak,sehingga bila harga makanan ternak naik tetapi harga ayam potong tetap karena tidak terserap di pasaran maka peternak akan mengalami kerugian.Untuk menanggulangi kenaikan harga makanan ayam dari pabrik ada sebagian peternak yang memanfaatkan jagung yang digiling serta bekatul sebagai makanan campuran sehingga ketergantungan terhadap makanan dari pabrik agak terkurangi.

Hikmah :

96. Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.( Q.S 7. Al-A’raaf ayat 96)

Tentang wareng

desaku
Pos ini dipublikasikan di Petrenakan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s