Pembuatan Sumur Peresapan Menambah cadangan Air Tanah


Gb. Pembuatan Lubang Sumur Peresapan

Salah satu kepedulian lingkungan khususnya untuk mengurangi banjir di musim hujan dan menambah cadangan air tanah di musim kemarau adalah pembuatan sumur peresapan.Semakin banyaknya tanah yang tertutup oleh aspal atau beton serta dengan semakin banyaknya perumahan dan bangunan pabrik.

Keuntungan yang pertama dari sumur peresapan adalah jika musim penghujan air hujan tidak akan langsung mengalir tetapi akan masuk ke dalam tanah sehingga secara tidak langsung akan mengurangi bencana banjir.

Keuntungan yang ke-dua Cadangan air tanah di musim kemarau akan bertambah sehingga mengurangi kekurangan air maupun menambah sumber mata air  yang secara tidak langsung menambah kesejahtraan masyarakat.

Gb. Lubang Sumur Peresapan tidak memerlukan material yang banyak

Lokasi untuk membuat sumur peresapanpun tidak diperlukan lahan yang luas,cukup dengan memanfaatkan lokasi yang ada ,bisa 1 meter kali satu  meter atau lebih.

Hasil galianpun bisa dimanfaatkan untuk bahan bangunan khususnya batu urug hasil galian.Semakin dalam galian maka semakin banyak pula batu urugnya.

Setelah dipandang cukup kedalamannya yang disesuaikan dengan kebutuhan  ,dimana biasanya 3 atau 4 meter diatas nya ditutup dengan cor semen dengan rangka besi sehingga diatasnyapun bisa digunakan untuk keperluan sesuai dengan situasi dan kondisi.

Gb.Batu Urug Hasil Galian

Gb. sumur peresapan yang sudah ditutup

Tentang wareng

desaku
Pos ini dipublikasikan di Lingkungan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s