Pendidikan di Alam Bebas: TPA Al-Huda Singkar


PORNOGRAFI MERUSAK MORAL BANGSA MARI BANTU MEMBRANTASNYA

Gb. Santai dengan menikmati makan dan minum bekal sendiri

Kejenuhan pendidikan di ruangan kadang-kadang dialami oleh anak -anak termasuk anak-anak TPA Al-Huda Singkar Wareng Wonosari GK. Untuk menghilangkan kejenuhan tersebut secara berkala penulis ajak kegiatan ke luar dengan melihat situasi dan kondisi .Bulan Nopember 2010 tepatnya hari Ahad 14 Nopember kita ajak jalan-jalan ke lokasi di bukit Bendo yang jaraknya sekitar 2 km dari masjid.

Sejak pukul setengah tujuh pagi anak -anak sudah kumpul di masjid dengan bekal minuman dan makanan dri rumah masing-masing.Sekitar jam tujuh anak-anak TPA kita kumpulkan di masjid kemudian diberi penjelasan tentang pemberangkatannya.Sekitar 40 anak dibagi menjadi 4 kelompok ,2 kelompok putra dan 2 kelompok putri.Kita beri penjelasan tentang tata tertib dan tugas yang harus dikerjakan di lokasi Bukit Bendo.

Setelah penjelasan selesai dilanjutkan berdo’a bersama agar selama berangkat sampai pulang kembali dilindungi oleh Alloh SWT.Pemberangkatannnya perkelompok dengan menyusuri jalan kampung yang bebas dari lalu lintas. Sesampai di bukit Bendo seluruh peserta istirahat dengan makan dan minum bawaan sendiri dari rumah.Selesai makan minum seluruh peserta mendapat tugas menggambar pemandangan yang ada di depannya dengan alat gambar yang dibawa dari rumah .Dari bukit Bendo terlihat sebelah timur terdapat pegunungan seribu, menara-menara HP di Wonosari, Semanu ,Mulo . Begitu juga gunung Lawu terlihat samar-samar di sebelah timur bukit seribu.

Selesai menggambar anak-anak dikumpulkan kembali dan dijelaskan tentang teknis pulangnya, selesai penjelasan langsung diberangkatkan menuju masjid Al-Huda. Diperjalanan pulang karena terlihat dengan jelas pemandangan alamnya anak anak terlihat ceria dan senang sehingga sampai masjid tidak ada yang merasa kelelahan.

Dengan kegiatan di lama bebas yang mengambillokasi disekitar kita sudah cukup menghilangkan kejenuhan serta biaya yang dikeluarkannya pun hanya ringan sehingga perlu dikembangkan agar anak-anak selain terlatih secara fisik, juga terlatih mencintai lingkungan di sekitar kita.

Lihat Foto-Fotonyadi sini

Hikmah :

96. Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.( Q.S 7. Al-A’raaf ayat 96)

Tentang wareng

desaku
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Pendidikan di Alam Bebas: TPA Al-Huda Singkar

  1. kembar berkata:

    bagus itu pak, anak biar bisa refressing…
    bukit bendo itu dekat rumah saya lho…
    salam..

  2. wareng berkata:

    Assalamu ‘alaikum wr wb

    Terima kasih ataskunjungannya semoga menjadi sarana komunikasi dan silaturahmi. Ya untuk menghilangkan kejenuhan mas ,biasanya anak-anak akan senang bila di ajak jalan-jalan, selain itu juga murah hanya perlu bekal makan dan minum dari rumah

    Wassalamu ‘alaikum wr wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s